• KESRA
  • Musik Keroncong Meriahkan TPS di Taman Suropati

Musik Keroncong Meriahkan TPS di Taman Suropati

 Musik Keroncong Meriahkan Pencoblosan di Taman Suropati

Beragam cara dan upaya dihadirkan untuk membuat pesta demokrasi yang sedang berlangsung di Ibukota berjalan aman, lancar dan penuh kegembiraan.

" Kesannya jadi nyaman karena lagunya kadang dibawakan dengan lirik yang lucu juga. Jadi terhibur kita"

Seperti di TPS 18 dan TPS 19 Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat. Ya, di kedua TPS ini, para pemilih yang hadir dihibur oleh lantunan tembang keroncong yang dibawakan grup musik Keroncong Batavia Mood yang tak lain merupakan anggota subkomunitas Taman Suropati Chamber.

Berbagai lagu perjuangan, pop dan daerah yang diaransemen ulang dengan musik keroncong dimainkan sejak pagi di kawasan tersebut. Alhasil, para pemilih dan pengunjung yang hadir nampak asyik menikmati lagu-lagu yang dimainkan.

Tak hanya itu, kehadiran sejumlah kuliner khas nusantara seperti kerak telor, tahu gejrot juga semakin membuat betah pengunjung yang hadir.

Charles (35), salah seorang pemilih di TPS 18 mengaku terhibur dengan kehadiran grup musik keroncong tersebut. Alunan musik keroncong yang dibawakan juga semakin membawa kesan aman, nyaman dan damai.



"Kesannya jadi nyaman karena lagunya kadang dibawakan dengan lirik yang lucu juga. Jadi terhibur kita," ujarnya, Rabu (19/4).



Pendiri Taman Suropati Chamber, Ages Dwiharso mengatakan, lagu-lagu yang dibawakan sebagian besar merupakan karya Gesang, Ismail Marzuki, Budiman BJ, dan Ismanto. Selain itu juga dibawakan lagu-lagu tradisional yang memang tidak asing bagi masyarakat.



"Kami ambil lagu yang bernuansa sejuk namun tetap ada nilai budayanya," katanya.



Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara yang ditemui di lokasi menambahkan, kehadiran komunitas seni musik tersebut merupakan inovasi yang baik. Ini juga sebagai simbol pesta demokrasi yang sedang berlangsung berjalan dengan sejuk.



"Jadi pesta demokrasi yang sedang berjalan ini begitu tenang dan damai, masyarakat yang datang memberi hak suara juga merasakan suasana yang meriah dan terhibur," tandasnya.