DKI Luncurkan 10 Bus Transjakarta Vintage

Layanan Pembuatan KIA Akan Dilakukan di RPTRA

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) meluncurkan 10 unit bus vintage series.

"Sekarang baru ada enam unit. Nanti akan kita tambah menjadi 10 unit yang beroperasi "

Berbeda dengan bus Transjakarta pada umumnya, bus ini dibuat dengan interior mirip bus zaman dahulu dan kursi penumpang menghadap ke depan.

Direktur PT Transjakarta, Budi Kaliwono mengatakan, beberapa unit bus bergaya vintage ini sudah dioperasikan di Koridor I (Blok M-Kota).

"Sekarang baru ada enam unit. Nanti akan kita tambah menjadi 10 unit yang beroperasi," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (14/2).

Menurut Budi, warna biru tua yang melapisi bus ini terinspirasi dari bus PPD era 1960-an. Lantai bus juga dilapisi dengan karpet motif kayu untuk menambah nuansa vintage.

"Bus ini memiliki kapasitas 60-70 penumpang sama seperti bus-bus Transjakarta lainnya," jelasnya.

Ia menambahkan, dua di antara bus vintage ini juga dilengkapi dengan klakson telolet. Bus tersebut nantinya tidak hanya melayani koridor I, tapi koridor Transjakarta lainnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menjajal bus tersebut. Kehadiran bus ini diharapkan dapat menarik minat warga Ibukota untuk beralih ke transportasi umum.

Sekadar diketahui, armada bus Transjakarta vintage series ini merupakan produksi dari Ungaran, Jawa Timur yang menggunakan mesin Mercedes Benz.