• KESRA
  • Warga Pulau Harapan Minta Mesin Pengolah Sampah Dioperasikan

Warga Pulau Harapan Minta Mesin Pengolah Sampah Dioperasikan

 Warga Minta Mesin Pengolah Plastik Segera Dioperasikan

Warga di Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu berharap mesin pengolah sampah plastik menjadi biji plastik segera dioperasikan.

" Kita minta segera dioperasikan, karena kami juga sudah dilatih cara membuat biji plastik dengan alat itu"

Pengoperasian mesin ini akan mendukung program reduce, reuse dan recycle (3R). Sehingga, sampah yang dihasilkan masyarakat setempat masih dapat memberikan manfaat dan bernilai ekonomis.

"Kita minta segera dioperasikan, karena kami juga sudah dilatih cara membuat biji plastik dengan alat itu," kata Ismail (45), warga setempat, Rabu (11/1).

Sementara itu, Lurah Pulau Harapan, Murta'a mengatakan, meski belum dipakai, alat tersebut hingga kini masih terawat dengan baik.

"Dengan adanya Sudin Lingkungan Hidup, kita berharap dari dinas segera dilimpahkan kewenangannya supaya mesin segera dapat beroperasi," ujarnya.

Mesin pengolah plastik ini dibangun menggunakan anggaran dari Dinas Kebersihan DKI Jakarta pada 2014 lalu. Sebanyak 15 orang warga telah dilatih untuk mengoperasikan mesin dan cara mengolah biji plastik.