KM Express Bahari 3B Dioperasikan

       KM Express Bahari 3B Diluncurkan Untuk Melayani Transportasi Kepulauan Seribu

Kapal Motor (KM) Express Bahari 3B yang melayani rute Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara menuju Pulau Tidung, Kepulauan Seribu maupun sebaliknya resmi dioperasikan. KM Express Bahari 3B merupakan kapal cepat dengan kapasitas angkut 208 orang ditambah enam orang kru kapal.

" Kapal ini akan mendukung pengembangan Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata nasional"

"Kapal ini akan mendukung pengembangan Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata nasional," ujar Sumarsono, Plt Gubernur DKI Jakarta, usai menghadiri peluncuran kapal di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Selasa (10/1).

Menurutnya, setelah peluncuran ini akan ada beberapa lagi kapal KM Express serupa yang dioperasikan oleh PT Pelni untuk melayani pelayaran ke pulau lain di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

"Kedepan semua kapal milik Pelni akan berlabuh dari Pelabuhan Kaliadem setelah ada pembenahan manajemen yang diserahkan kepada Pemprov DKI Jakarta," jelasnya.

Adapun pembenahan yang perlu dilakukan meliputi pendalaman alur dermaga Kaliadem yang saat ini masih dangkal, yakni sekitar 2-2,5 meter . Sementara, untuk ukuran  KM Express atau lebih besar lagi dibutuhkan alur sedalam 3-4 meter dari kedalaman.