Warga Diminta Hidupkan Siskamling

Warga Diminta Hidupkan Siskamling

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono mengingatkan pentingnya siskamling. Karena keamanan tidak hanya menjadi tanggung jawab aparat saja tetapi juga perlu dukungan dari masyarakat.

"Di Jakarta masyarakat jangan hanya mengandalkan kepolisian saja. Keamanan ini jadi bagian kebutuhan pokok dari warga "

"Di Jakarta masyarakat jangan hanya mengandalkan kepolisian saja. Keamanan ini jadi bagian kebutuhan pokok dari warga. Jadi siskamling tetap harus dihidupkan kembali," kata Sumarsono, di Puskesmas Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (30/12).

Pria yang akrab disapa Soni ini menambahkan, dengan adanya siskamling deteksi dini terhadap kejahatan bisa dilakukan. Sehingga kejadian perampokan seperti yang terjadi di Pulomas, bisa diketahui lebih awal.

"Saya sudah meminta kepada wali kota untuk mengajak warganya menghidupkan siskamling lagi, untuk deteksi dini. Jadi kasus seperti di Pulomas bisa dideteksi dan dicegah," ujarnya.

Menurut Soni, siskamling harus diperkuat dari tiga sisi yakni tertib siskamling, akses pelaporan dipercepat, serta partisipasi masyarakat.

"Kami berikan fasilitas dengan mekanisme berjenjang, untuk keamanan masyarakat. Mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, babinsa hingga kepolisian," tandasnya.