Tentang Kami


SEJARAH RINGKAS MEDIA ONLINE PEMPROV. DKI JAKARTA

Pesatnya perkembangan teknologi informasi (TI) membuat kebutuhan masyarakat akan informasi dan data tentang berbagai program kerja serta kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sangat tinggi. Karena itu, Pemprov DKI Jakarta dituntut mampu memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut melalui sarana yang tepat.

Pada akhir tahun 2000, sewaktu Biro Hubungan Masyarakat dan Protokol (Humprot) Pemprov DKI Jakarta di bawah kepemimpinan seorang abdi penerangan, timbul ide untuk memberikan data dan informasi kepada masyarakat secara cepat. Tak hanya itu, sarana tersebut juga harus dapat dioperasikan oleh masyarakat sendiri. Dan ide tersebut terealiasasi dengan terbentuknya Jakarta Cyber yang akan ditempatkan di beberapa lokasi strategis.

Namun, belum sempat dioperasikan, program Jakarta Cyber terpaksa harus berubah seiring dengan berkembangnya wacana yang lebih baik. Di bawah arahan Wakil Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan, wacana ini terus dimatangkan. Pembahasan secara teknis dilakukan oleh Kantor Pengelola Data Elektronik (KPDE) yang kini berubah jadi Kantor Pengelola Teknologi Informasi (KPTI) bersama dengan Biro Humprot DKI. Dalam rapat koordinasi itu, keduanya sepakat untuk menyatukan persepsi dalam memberikan pelayanan data dan informasi kepada seluruh lapisan masyarakat Jakarta secara cepat.

Akhirnya, rapat koordinasi itu menyimpulkan, untuk menunjang layanan masyarakat dalam bidang informasi, data, program kerja serta kebijakan, maka dibutuhkan sebuah teknologi informasi melalui website. Secara teknis, website ini akan dikelola bersama yaitu KPDE dan Biro Humprot DKI. KPDE akan bertangungjawab dalam bidang jaringannya sementara Biro Humprot akan bertanggungjawab di bidang redaksinya.

Pada awalnya nama website Pemprov DKI Jakarta tersebut bernama Jakarta News, namun nama tersebut telah ada yang miliki, sehingga nama website berubah menjadi beritajakarta dengan alamat website http://www.beritajakarta.com. Dan nama inilah yang saat ini menjadi website berita resmi Pemprov DKI Jakarta.

Pengelolaan website ini dilakukan secara swakelola dengan melibatkan tenaga-tenaga profesional dalam bidangnya. Menjelang hari ulang tahun (HUT) ke-574 kota Jakarta tepatnya pada Juni 2001, website Pemprov DKI Jakarta ini diresmikan langsung oleh Gubernur Sutiyoso.

Website berita resmi milik Pemprov DKI Jakarta, kini hadir dengan wajah baru. Berbagai perubahan dilakukan agar situs ini semakin eksis dan mampu memberikan informasi yang aktual bagi pembaca, terutama seputar Jakarta.

"Kita menginginkan Beritajakarta.com menjadi media informasi Pemprov DKI Jakarta dan menjadi referensi bagi media massa di ibukota," kata Raides Aryanto, Kasubag Media Mayantara yang juga sebagai Pemimpin Redaksi beritajakarta.com kala itu.


Visi Misi


VISI

Meningkatkan peran serta masyarakat dalam proses pembangunan seiring dengan terwujudnya Good Governance di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

MISI

Sesuai dengan  semangat UU No 22/1999 tentang Otonomi Daerah, yaitu untuk lebih memberdayakan peran serta masyarakat dalam pembangunan Kota Jakarta dengan memperhatikan potensi daerah.

Menjamin kebenaran informasi dan positioning yang netral demi kepentingan masyarakat dan pemerintah berdasarkan UU No 34/99 mengenai kedudukan Jakarta sebagai Ibukota Negara dan Instruksi Sekda No.1/2000 yang mewajibkan semua unit di lingkungan Pemprov DKI untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai program/kegiatan dan kebijakan melalui Biro Humas dan Protokol DKI baik diminta maupun tidak.


Struktur Organisasi



Pelindung : Gubernur Provinsi DKI Jakarta 

: Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta

:
Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta



Pembina : Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta



Penanggung Jawab : Kepala Dinas Kominfo dan Kehumasan



Wakil Penanggung Jawab : Sekretaris Dinas Kominfo dan Kehumasan



Pemimpin Umum : Kepala Bidang Informasi Publik



Bidang Keredaksian : Kepala Bidang Kehumasan 


Kepala Seksi Data dan Informasi


Kepala Seksi Dokumentasi dan Publikasi 


Kepala Seksi Penerbitan dan Media Luar Ruang


Kepala Seksi Analisa dan Monitoring 


Kepala Seksi Kemitraan dan Kerjasa Sama Kehumasan 



Bidang Teknologi Informasi : Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi 


Kepala Bidang Jaringan Teknologi Komunikasi 


Kepala Bidang Sistem Informasi Manajemen 


Kepala Bidang Pos, Telekomunikasi dan Multimedia



Pemimpin Redaksi : Kepala Seksi Informasi Publik



Wakil Pemimpin Redaksi : Sugiyanto



Sekretaris Redaksi  : Endang Sutartinah



Redaktur Pelaksana : Erikyanri Maulana



Redaktur  : Rio Sandiputra


Nani Suherni



Asisten Redaktur
Budhy Firmansyah Surapati


Andry



Reporter  : Erna Martiyanti (Balaikota)


Jhon Syah Kaban (DPRD-Balaikota)


Rudi Hermawan (Jakpus)


Nurito (Jaktim)


Aldi Geri Lumban Tobing (Jakut)


Folmer (Kep. Seribu)


T. Moan Simanjuntak (Jakbar)


Suparni (Jaksel)



Redaktur Audio Video  : Agustinus Yossy



Editor Audio Video : Toni Riyanto


Agus Hermawan



Kameramen  : Wahyu Gunanjar R (Jaktim-Jaksel)


Bayu Suseno (Balaikota-DPRD)


Adi Alfiyan (Jakpus-Balaikota)


Agung Supriyanto (Jakut-Kep. Seribu)


Desri Arfin (DPRD-Jakbar)



Fotografer : Yopie Oscar


Reza Hapiz



Editor Bahasa Inggris  : Rizky Mawardi


Nugroho Adibrata



Web Master : Muhammad Zaki



Web Application : Budi Firmansyah



Security System  : Kristopansen



Web Design  : Maulana Widhianto



Web Programmer : Rahmat Irawan



Administrasi  : Achmad Yusuf



Data Entry  : Inggil Laksono 


Asep Kurnia 


Angga Siswanto


Lalu Paksi Achmad Nur


Eka Yunita Tambun



Media Sosial    :  Robi Cahyadi 


 A.A Rugandri


 Anton Hariadi